Sabtu, 08 Agustus 2015

Sikap Optimisme dalam Tari Sanjaya Rangin

Tari Sanjaya Rangin Sanggar Edi Peni Pacitan


Optimisme merupakan paham (keyakinan) atas segala sesuatu dr segi yg baik dan menyenangkan; sikap selalu mempunyai harapan baik dl segala hal [KBBI]. Keyakinan inilah yang mendasari tindakan-tindakan positif lain untuk menghasilkan karya. Sebagaimana tag line Agnez Mo yang sempat booming, “dream, believe and make it happen”. Dan sikap optimisme inilah yang digambarkan oleh tari Sanjaya Rangin karya pasangan Edi Suwito-Adi Peni.

Sanjaya Rangin merupakan tarian yang terinspirasi dari sikap optimisme salah satu tokoh pendiri Lorok. Optimisme yang dimiliki sang tokoh digambarkan dengan kemantapan poa langkah dan ragam gerakan. Musik yang diramu oleh Bapak M. Kasim juga memberikan kesan untuk memperjelas rasa optimisme yang dimiliki. Optimisme dapat lahir karena seseorang percaya akan kemampuannya dan percaya pula pada bantuan Tuhan akan niat baik untuk melahirkan karya baik. Kepercayaan akan kemampuan sang Sanjaya Rangin digambarkan dengan gandhewa yang menjadi properti utama sebagai simbol kesaktian dan kemampuan sang Sanjaya Rangin.

Tari Sanjaya Rangin sendiri telah memperoleh berbagai prestasi, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi. Prestasi-prestasi ini selanjutnya berlanjut dengan penampilannya di berbagai panggung, termasuk di Taman Mini Indonesia Indah dan rangkaian acara penyambutan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono di Pacitan.

Tentang sebuah optimisme, tentang sebuah kebanggaan. Sanjaya Rangin memberikan keteladanan. [PK] 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar