Selasa, 09 Juni 2015

Tari Topeng Wonocaki



Tari Topeng Wonocaki merupakan tari yang mengambarkan punggawa kerajaan Glandhang Plawangan. Karakter Wonocaki adalah seorang yang gagah dan berani dalam mengabdikan sepenuh jiwa dan raga kepada Negeri. Induk cerita Wonocaki masih berasal dari upacara adat Jangkrik Genggong yang dilaksanakan di daerah Tawang, Sidomulyo, Kec Ngadirojo. 


Dalam penggarapannya, Tari Topeng Wonocaki yang diramu oleh Ibu Adi Peni, S.Pd. menggandeng Bapak Sapto Haryono sebagai penata musik dan selalu menggandeng sang suami, Bapak Edi Suwito, S.Pd. yang kali ini berperan dsebagai penata rias dan busana. Tari Topeng Wonocaki dibawakan oleh lima penari dari SMP Negeri 1 Ngadirojo dalam ajang FLSSN SMP Kabupaten Pacitan, 20 Mei 2015 silam.

Penampilan Tari Topeng Wonocaki dalam FLSSN SMP Pacitan

Penampilan Tari Topeng Wonocaki dalam FLSSN SMP Pacitan

Meskipun sudah tampil maksimal dengan busana dan musik yang juga maksimal, namun Tari Topeng Wonocaki belum mampu menyabet satu gelarpun dalam ajang tersebut. Ibu Adi Peni, S.Pd. selaku kepala rombongan menyampaikan bahwa estetika dan kesuksesan sebuah karya tidak hanya diindikasikan dengan seberapa banyak kejuaraan yang diperolehnya. "Tetap bangga dengan perjuangan anak-anak dan seluruh tim. Menang atau kalah hanya urusan kesesuaian selera dengan Juri.", lanjutnya.

Menutup pembicaraan, Ibu Adi Peni, S.Pd. menyampaikan bahwa menang atau kalah bukan alasan untuk berhenti berkarya. Kemenangan bisa dijadikan sebuah kebanggaan dan acuan, sedangkan kekalahan adalah cambuk evaluasi agar ke depan bisa lebih berprestasi. [PK]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar