Minggu, 28 Juni 2015

Menggali Inspirasi Tari

Ibu Adi Peni sedang memandangi Laut Wonocaki sebagai sebuah tema besar karya

Seni tari merupakan sebuah seni garapan yang memadukan gerak, musik, mimik yang menyatu dalam sebuah sajian rasa. Seperti layaknya cabang seni lain, setiap karya tari juga membawa wacana yang ditawarkan dalam setiap penampilannya. Jika syair dan nada menjadi representasi seni musik, maka paduan gerak dan lagu merupakan cara sebuah tari menuturkan kisah yang dibawakannya. Gerakan lambat akan memberikan makna yang berbeda dengan gerak cepat, begitu pula gerak kaki, kerlingan mata ataupun pola lantai akan menjadi sebuah bagian cerita yang disatukan dengan harmonisasi musik pengiringnya.

Sebagai sebuah karya seni, sebuah tari bukan terlahir demikian saja. Tari merupakan sebuah hasil dari perenungan, bentuk sebuah pemikiran. Oleh karenanya, tari juga lahir dari sebuh gagasan besar yang dikerucutkan dalam setiap paduan nada dan gerak.

Inspirasi menjadi bahan yang mahal dalam sebuah karya tari. Gagasan yang mengilhami lahirnya tari akan diwujudkan dalam setiap gerak penari, dalam setiap nada yang dihasilkan pengiring tari dan dari setiap corak busana yang dipakai penari. Ispirasi inilah yang akhirnya menjadi jalan seorang seniman dalam menyampaikan pemikirannya kepada penikmat tari.

Eko Supriyanto, seorang koreografer dan penari yang sempat melejit karena ikut dalam tur dunia Konser Madonna menuturkan bahwa inspirasi merupakan hasil dari sebuah perjalanan dan pembelajaran.

“..Inspirasi saya dapatkan melalui perjalanan, melihat kondisi dan keadaan, kemudian dicitrakan pada tradisi budaya saya, tradisi budaya yang lain, mempelajarinya lagi dan kemudian menafsirkannya ulang..”, tuturnya.

Tari Wonocaki Sanggar Edi Peni Lorok Pacitan

Inspirasi adalah hal yang sangat mendasar, ia kadang tak dapat dijumpai saat dipikirkan, namun kadang datang sekonyong-konyong tanpa perkiraan. Ari Tulang, seorang koreografer terkenal, menyatakan bahwa inspirasi dapat digali dari media sosial yang kini berkembang pesat, sebut saja televisi ataupun situs penyedia video youtube.

Dalam dunia tari, binatang juga merupakan salah satu sumber inspirasi populer. Telah banyak karya besar yang lahir dari gerak binatang, sebut saja tari merak. Edi Suwito, sebagai pimpinan Sanggar Seni Edi Peni, menuturkan bahwa inspirasi dapat digali dari alam yang banyak membentangkan pelajaran. "Setiap hal dapat dijadikan inspirasi, bahkan gerakan molat-molet setelah bangun tidur juga dapat dijadikan bahan dasar gerakan tari.", tuturnya. 

Inspirasi memang merupakan titik awal dari sebuah karya. Namun, inpirasi datang dari puncak referensi pengetahuan atas apa yang akan dituangkan. Mencari sebuah inspirasi bak perjalanan spiritual yang mengantarkan seseorang ke dalam sebuah alam berbeda untuk dapat dituangkan dalam alam nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar