Kamis, 25 Juni 2015

Tari Kebyok Anting-Anting


Tari Kebyok Anting-anting merupakan tarian yang dibawakan oleh sekelompok anak perempuan. Dua properti utama yang dibawa adalah sampur (selendang) dan pompom (semacam rumbai-rumbai sebagaimana yang dibawa oleh para cheerleader). Kebyok sendiri dapat diartikan sebagai alat pemukul kasur, sehingga pompom yang dibawa merupakan representasi dari alat pemukul kasur tersebut. Sedangkan blog academia menyebutkan bahwa kebyok merupakan salah satu teknik menghentakkan selendang dengan tangan, sehingga selendang tersebut menyangkut di tangan penari.

Sebagaimana ciri tarian anak-anak lainnya, tari Kebyok Anting-anting juga disajikan dengan lincah, ceria dan kompak. Suasana keceriaan yang disajikan penari juga didukung oleh kostum cerah yang dikenakan penari.


Sanggar Edi Peni yang bekerja sama dengan SD Negeri Wiyoro I menampilkan tarian ini pada acara Pelepasan Siswa Kelas VI yang dihadiri oleh wali murid, para undangan juga masyarakat luas. Keceriaan tarian ini akhirnya menambah suasana semarak dari keseluruhan acara. [PK]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar