Kamis, 02 Juli 2015

Belajar dari Yati Pesek

Ibu Adi Peni bersama Yati Pesek di Pasar Beringharjo Yogyakarta
Siapa yang tak kenal Yati Pesek? Perempuan multi talenta ini tenar lewat panggung Ketoprak Humor yang sempat menjadi salah satu tayangan andalan di stasiun televisi nasional. Terlahir dari pasangan pemain wayang orang di daerah Gamping, Kulonprogo, DI Yogyakarta ini, Yati Pesek terlahir dengan nama Suyati. Sempat tergabung dengan Ketoprak Tobong Siswo Budoyo Tulungagung, Yati Pesek terasah menjadi pemain ketoprak dengan kemampuan akting, menyanyi dan menari dengan baik.

Setelah menikah dengan seniman Yogyakarta, Sumario, Yati Pesek dan keluarga hijrah ke daerah Taji, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Di tempat baru ini, kemampuan Yati Pesek sebagai seniwati tak luntur, malah bertambah kuat. Di kediamannya, Yati Pesek menularkan ilmunya dalam bidang seni, baik seni peran, seni suara, seni tari bahkan seni karawitan. Tak hanya itu, Yati Pesek juga berwirausaha dengan membuka warung makan Yati Pesek dengan aneka menu masakan jawa.

Pertemuan antara Ibu Yati Pesek dengan pemilik Sanggar Edi Peni Pacitan terjadi di Pasar Beringharjo, Yogyakarta beberapa waktu silam. Beringharjo merupakan salah satu sentra wisata belanja di Yogyakarta dengan menawarkan aneka kebutuhan, kerajinan bahkan barang-barang kuno. Pertemuan terjadi di los pasar yang menjajakan makanan ringan khas Yogyakarta yang umumnya dijadikan oleh-oleh.

Dalam pertemuan singkatnya, Ibu Adi Peni mengaku banyak belajar dari Seniwati yang lahir tahun 1952 ini. Diungkapkan bahwa Yati Pesek merupakan pribadi yang ramah terhadap siapapun yang ditemui, bahkan para penjual di pasar tersebut.

"Beliau juga mengajari kita untuk terus memberdayakan ekonomi kerakyatan. Di tengah serbuan usaha waralaba yang kian menjamur, Yati Pesek lebih memilih berpanas-panas ria terjun langsung ke pasar hanya sekedar untuk membeli makanan ringan."

Di akhir pertemuan, keduanya saling salaman dan berpelukan hangat dan saling melemparkan doa selamat. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari pertemuan indah ini. [PK]

1 komentar:

  1. Main sabung ayam cuma di BOLAVITA paling nyaman
    judi sabung ayam dengan presentase kemenangan tertinggi
    Untuk info lebih lanjut bisa melalui:
    whatup : 08122222995
    BBM: D8C363CA
    Wechat : Bolavita.
    Line : Cs_bolavita.
    BBM: D8C363CA

    BalasHapus