Sabtu, 24 Oktober 2015

Pengenalan Budaya kepada Anak-anak


Budaya adalah hasil pemikiran manusia yang adiluhung. Budaya lahir dari sebuah kecerdasan yang tercermin dalam karya cipta manusia, entah apapun bentuknya. Pujangga menuliskan sajak untuk melukiskan indahnya alam, seorang koreagrafer menciptakan tarian atas inspirasi alam yang membentang. Lalu, bagaimana dengan seorang siantis? Mereka menuliskan formula untuk mengabadikan keajaiban alam.

Budaya adalah buah dari sebuah anugerah. Tuhan menciptakan keindahan, dan manusia mengkreasikan keindahan itu menjadi sebuah karya seni untuk disajikan dan dinikmati.

Lalu,
Kapankah budaya harus diajarkan?
Budaya adalah bagian dari manusia, ia lahir dan berkembang bersama masyarakat. Maka, alangkah lebih baik jika kita kenalkan budaya kepada anak-anak?

Anak-anak merupakan periode emas pertumbuhan di mana fase imprinting, habituating sangat jelas terlihat. Dengan tumbuh bersama budaya, seorang anak akan merasa menjadi bagian dari budaya dan merasa budaya adalah bagian dari hidupnya. Rasa ini sangat penting untuk menanamkan sense of belonging, dengan merasa memiliki maka rasa "handarbeni" akan lebih terasa.

Sudahkah Anda mengenalkan budaya pada anak Anda?
(PK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar