Selasa, 16 Juni 2015

Tari Topeng Edan, Tarian Jenaka yang Pernah Tampil di Desa Wisata Brayut Yogyakarta

Tari Topeng Edan SD Negeri Sembowo I


Tari Topeng Edan merupakan rangkaian ekspresi jenaka seorang anak laki-laki dalam kesehariannya. Tari ini dibawakan dengan gerak trengginas oleh penarinya. Dibawakan oleh lima penari, tari Topeng Edan tampil menghibur dengan gaya-gaya aneh para penarinya. Gerakan tari ini dieksplorasi dari hal-hal yang sederhana, mulai dari gerakan anak laki-laki yang mengantuk, tidur dan bermain bersama. 

Bukan hanya kekaguman akan kelincahan gerak yang diperagakan para penari, namun juga gelak tawa dan tepuk tangan yang dilontarkan penonton. Hal ini terjadi setelah para penari memperagakan gerak-gerak aneh, unik dan nyentrik.

Penampilan Tari Topeng Edan di acara Pelepasan SDN Sembowo I

Kesuksesan lima penari kecil dari SD Negeri Sembowo I dalam membawakan tarian ini nampaknya lebih unik dibandingkan penampilan tarian Topeng Edan di Desa Wisata Brayut, Sleman, Yogyakarta. Tari Topeng Edan dibawakan sebagai tarian tunggal sebagai salah satu sajian dalam rangkaian acara tasyakuran keluarga besar mahasiswa pascasarjana Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada. "Kepolosan anak-anak dalam membawakan tarian ini menjadi nilai tambah saat dibawakan oleh sekelompok anak-anak.", tutur salah satu tim sanggar Edi Peni. [PK]

Penampilan Tari Topeng Edan di Desa Wisata Brayut, Sleman, Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar